Tren Terbaru Digital Marketing di Tahun 2016

Posted on

Dunia pemasaran online dan digital marketing cenderung luwes terhadap perubahan, dan strategi terus mengalami modifikasi. Perkembangan teknologi dan tren membuat para pemasar online, pebisnis dan wirausahawan harus selalu terbuka terhadap kemungkinan modifikasi strategi, agar bisa tetap eksis dalam persaingan. Anda mungkin sudah merasa cukup dengan strategi pemasaran yang selama ini dilakukan, namun tahun 2016 ini menjadi saksi perkembangan berbagai tren teknologi yang mulai cukup menunjukkan pengaruh dalam pemasaran dan bisnis internet.

Daftar Tren Digital Marketing yang Harus Diketahuidigital-marketing-trends-2016

Bicara tentang tren pemasaran terbaru, Anda yang baru belajar marketing saat ini mungkin malah mendapat keuntungan, karena Anda bisa mulai dengan langsung menerapkan berbagai tren terbaru dalam digital marketing yang saat ini berkembang. Akan tetapi, bukan berarti para pemain lama tidak bisa ikut menerapkan tren terbaru ini dalam strategi mereka. Berikut beberapa tren baru digital marketing yang sebaiknya diketahui:

  • Iklan video.

Saat ini, iklan video meraih banyak pendapatan yang hampir menyamai iklan tradisional. Iklan video seperti video YouTube, whiteboard video dan animasi dapat menarik perhatian karena menggunakan aspek audio dan visual sekaligus. Banyak orang menikmati iklan video yang menarik atau “bercerita” sebagai suatu tontonan tersendiri, sehingga pemasar dapat menarik banyak pemirsa. Tren ini bahkan membuat berbagai platform populer menyelipkan fitur video, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Bing. Google bahkan akan membuat platform iklan yang menggunakan video.

  • Internet mobile semakin mendominasi.

Beberapa tahun yang lalu, pengiklan dan pemasar cenderung condong pada fitur desktop untuk tampilan promosinya. Akan tetapi, kini semakin banyak orang yang menggunakan internet mobile untuk aktifitasnya. Para pebisnis dan pemasar kini harus memerhatikan juga aspek iklan mobile sama besarnya seperti iklan desktop. Optimasi situs, blog, platform promosi dan bahkan jejaring sosial harus disesuaikan untuk pengguna perangkat bergerak sama besarnya dengan pengguna komputer meja/desktop.

  • Live streaming menjadi semakin populer.

Live streaming alias video langsung kini semakin populer, terutama dengan diluncurkannya dua macam aplikasi live streaming tahun lalu: Periscope dan Meerkat. Video langsung menjadi “senjata” untuk menambah unsur orisinalitas dalam pemasaran, terutama jaman sekarang dimana pengguna internet haus akan konten menarik yang baru. Pengguna teknologi digital dalam dunia bisnis sebaiknya memperhitungkan menggunakan fitur live streaming sebagai salah satu sarana digital marketing, agar tetap berada di atas para pesaing.

  • Marketing berbasis lokasi semakin menanjak.

Marketing berbasis lokasi (location-based marketing) telah lama dianjurkan sebagai cara mengoptimalkan bisnis, namun pada tahun 2016, hal ini menjadi salah satu aspek terpenting dalam bisnis. Para pebisnis kini menggunakan faktor lokasi dan SEO lokal sebagai metode meraih banyak pemirsa serta pelanggan potensial. Berbagai software dan produk SEO pun dikerahkan untuk meningkatkan trafik lokal atau berbasis lokasi, sesuai dengan sasaran pemasaran suatu bisnis. Di Amerika Serikat saja, pemasaran digital berbasis lokasi ini menghabiskan investasi sebesar 9 milyar Dolar.

  • Pemasaran berbasis relationship semakin meningkat.

Pemasaran kini tidak lagi berfokus pada strategi tradisional (langsung menjual produk), tetapi menekankan pada hubungan jangka panjang (relationship-based marketing). Dalam strategi ini, pebisnis menggunakan metode yang berlangsung dalam jangka waktu lebih lama, namun cenderung lebih efektif dalam memancing loyalitas calon pelanggan atau konsumen. Dalam membangun loyalitas ini, pemasar mungkin menggunakan strategi seperti bersikap sebagai “teman” di jejaring sosial, menyebarkan konten orisinal yang menarik seperti humor atau video yang bercerita, dan sebagainya yang memungkinkan untuk menarik banyak pengikut.

Semua tren ini dapat diaplikasikan dalam strategi pemasaran Anda, baik itu oleh pemain lama maupun yang baru belajar marketing. Kini, berbagai produk software dan perangkat digital telah tersedia untuk membantu para pemasar dan pebisnis meraih tujuan mereka dengan menerapkan tren baru pemasaran digital seperti di atas.

Optimasi dalam Berbagai Aspek Digital Marketingoptimasi-digital-marketing

Dalam penggunaan tren pemasaran digital, Anda sebaiknya melakukan optimasi dalam berbagai aspek digital marketing, bukan hanya di satu atau dua aspek. Jika Anda melakukan digital marketing lewat sebuah situs, ada beberapa aspek yang sebaiknya dioptimasi, yaitu:

  • Ini adalah sarana untuk menarik perhatian serta memberi informasi pada calon pelanggan. Konten harus dioptimasi dengan dua cara: membuat isi yang menarik, serta mengoptimasi penulisan konten agar bisa ditangkap dengan mudah oleh mesin pencari seperti Google.
  • Panggilan “aksi” untuk calon pelanggan. Ini adalah kata-kata yang mengundang calon pelanggan untuk melakukan aktifitas seperti membeli, memesan, atau melihat katalog yang Anda siapkan. Cara optimasi misalnya dengan menggunakan kata-kata yang menarik (“bonus”, “gratis,” “free trial”), serta penggunaan huruf, tampilan, dan tautan yang nampak menarik.
  • Semakin spesifik sebuah tawaran, semakin menarik nampaknya di mata pengunjung situs, sehingga mereka akan berminat memesan. Misalnya, ebook berjudul “Cara Melatih Anjing Peliharaan” mungkin lumayan menarik, namun “Cara Melatih Anjing Peliharaan agar Tidak Menggigit” akan memberi kesan lebih menarik, karena menawarkan keunikan dan solusi terhadap masalah spesifik yang mungkin dihadapi calon pelanggan.

Dengan optimasi serta mengikuti tren baru, pebisnis lama maupun yang baru belajar bisnis internet dapat bersaing dalam digital marketing di tahun 2016.

Gravatar Image
Dunia Im adalah Tempat berbagi dan pusat informasi seputar internet marketing, panduan dan tool yang bisa anda dapatkan dalam membangun sebuah bisnis online.

Leave a Reply