bisnis_digital

9 Contoh Bisnis Digital Sebagai Lahan Bisnis Baru yang Menjanjikan

Posted on

Dunia internet marketing : Bisnis digital merupakan salah satu media bisnis yang populer dewasa ini. Didukung oleh jaringan internet yang semakin cepat, dunia bisnis digital cukup potensial untuk dijadikan ladang mata pencaharian.

Selain itu, perubahan pola transaksi jual beli masyarakat yang sebelumnya menggunakan cara manual atau offline, sekarang ini berpindah menjadi online. Oleh sebab itu untuk Anda yang tertarik untuk menggeluti dunia bisnis digital ini, Anda harus memiliki informasi dan pengetahuan terkait bidang apa saja yang bisa diaplikasikan dalam dunia digital

Contoh Bisnis Digital yang Populer Di Indonesia

Teknologi digital yang sudah makin meluas sekarang ini memberikan kesempatan pada jiwa-jiwa kreatif untuk bereksplorasi. Tidak hanya sebatas hiburan saja, dunia digital kini memiliki kaitan yang erat terhadap hajat hidup orang banyak yaitu pekerjaan. Dengan demikian tidak sedikit yang memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk membuka lahan-lahan bisnis digital.

Berikut ini beberapa contoh bisnis digital yang semakin berkembang dengan pesat belakangan ini. Diantaranya adalah :

1. E-commerce

Sederhananya, e-commerce adalah sebuah toko online. Perkembangan e-commerce di Indonesia juga terbilang cukup menggembirakan. Setidaknya, sebuah toko online yang sudah punya nama hampir tidak pernah sepi dari pengunjung.

Banyak aspek yang membuat sebagian besar pedagang beralih menggunakan toko online. Selain mengikuti perkembangan teknologi, mereka bisa dikatakan lebih irit biaya pengeluaran untuk sebuah toko offline. Beberapa toko online juga tidak selalu harus menyediakan stok barang. Bahkan, banyak dari mereka yang menggunakan sistem pre order yaitu memesan barang terlebih dahulu.

2. Fintech

Fintech merupakan singkatan dari Financial Technology. Dunia keuangan juga turut meramaikan bisnis digital dengan meluncurkan aplikasi peminjaman dana. Aplikasi ini memberikan terobosan yang cukup menjanjikan.

Calon nasabah tidak diharuskan mengunjungi bank atau lembaga keuangan konvensional untuk bisa mengajukan sejumlah pinjaman dana. Selain itu, nasabah juga tidak akan direpotkan dengan urusan seperti survey rumah dan tempat kerja seperti yang biasa dilakukan bank konvensional.

Tata cara peminjamannya pun cukup mudah. Umumnya, Anda hanya harus memberikan foto KTP dan persyaratan lainnya. Jika pinjaman Anda disetujui, dana akan langsung ditransfer ke rekening calon nasabah.

3. Jasa Digital

Jika di dunia nyata, Anda mungkin akan merasa kesulitan mencari sebuah usaha jasa yang jarang ada seperti jasa menggambar bangunan, jasa membeli follower atau jasa membuat desain, terkecuali Anda memiliki seorang kenalan yang memiliki kemampuan di bidang tersebut. Namun di media online, Anda akan menemukan ratusan jasa penyedia suatu layanan.

Jika Anda memiliki sebuah kemampuan atau skill terhadap satu bidang tertentu, Anda bisa memulai sebuah usaha penyedia jasa. Ambillah contoh web developer. Tidak dipungkiri bahwa hampir semua badan atau instansi memiliki sebuah web di internet, namun tidak semua dari mereka yang memiliki keahlian khusus dalam membuat sebuah web. Di sini, Anda bisa menjual kemampuan yang Anda miliki.

4. Jasa Transportasi

Jasa transportasi online memang masih dikuasai oleh beberapa pemain besar yang sudah lebih dahulu malang melintang di dunia bisnis digital. Berbekal pengalaman dan inovasi yang tiada henti, beberapa jasa penyedia sarana transportasi dan akomodasi secara online telah berhasil menarik sebagian besar pangsa pasar.

Usaha jasa transportasi menyediakan semua data dan informasi yang dibutuhkan oleh orang-orang yang hendak melakukan perjalanan. Mulai dari harga tiket pesawat, harga tiket kereta api, jadwal keberangkatan, jadwal kedatangan, serta tidak menutup kemungkinan juga menyertakan informasi mengenai slot kursi pesawat atau kereta apinya.

5. Jasa Akomodasi

Setelah jasa transportasi, tentunya akan dibutuhkan jasa akomodasi online. Di sini, pengunjung bisa mencari ketersediaan hotel atau penginapan di tempat yang dituju. Mereka bisa membandingkan harga dari hotel satu ke hotel lainnya, mencari hotel dengan view yang menawan ataupun memilih hotel yang paling dekat dengan lokasi tujuan.

Selain itu, jasa akomodasi online biasanya akan juga memberikan review hotel atau penginapan mana saja yang bisa direkomendasikan untuk Anda. Informasi yang disediakan oleh jasa akomodasi biasanya sudah terintegrasi pada hotel atau penginapan yang terdaftar. Jadi, Anda bisa sekaligus memesan kamar hotel tanpa harus menunggu tiba di lokasi.

6. Mobile Aplikasi

Peluang bisnis digital sudah semakin beragam dan kreatif. Satu lagi sebuah ide bisnis yang kini juga menjamur dengan cepat yaitu bisnis pembuatan aplikasi. Anda bisa menemukan ratusan aplikasi yang unik dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya, seperti aplikasi untuk belajar secara online, aplikasi untuk mendeteksi kebohongan, aplikasi menghitung kambing untuk orang-orang yang mengalami susah tidur ataupun aplikasi mendeteksi keberadaan makhluk gaib di sekitar rumah Anda.

Banyak juga yang menciptakan aplikasi permainan atau game online yang saat ini sedang digandrungi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Jika Anda memiliki kemampuan di bidang IT, kenapa tidak menciptakan sebuah inovasi aplikasi yang sedikit “nyeleneh” namun cukup menghibur dan bermanfaat?

7. Youtuber, Blogger dan Vlogger

Siapa yang menyangka bahwa membuat sebuah video dan membagikannya di media sosial bisa dijadikan lahan pekerjaan dengan hasil yang menjanjikan? Inilah fenomena yang terjadi beberapa saat yang lalu. Banyak artis atau selebritis tanah air yang kemudian berpindah haluan menjadi seorang youtuber atau vlogger karena dirasa pekerjaan ini lebih mengasyikkan dan menguntungkan.

Youtuber, Blogger dan Vlogger mendapatkan bayaran dari iklan yang tayang selama pengunjung berselancar di web atau video mereka. Semakin menarik konten yang diberikan, semakin banyak penonton atau pengunjung yang datang, semakin besar pula nominal yang akan diterima. Itulah sebabnya banyak orang yang sekarang ini membuat konten-konten menarik untuk mengisi channel atau akun media onlinenya.

8. Membuat Marketplace

Diibarat sebuah pasar atau mall di dunia nyata. Marketplace berisi berbagai macam toko online dalam satu wadah. Marketplace berbeda dengan e-commerce. Jika e-commerce merupakan sebuah toko online milik satu orang, maka marketplace berisi beberapa e-commerce atau toko online di dalamnya.

Dengan demikian Dalam bisnis digital Indonesia, sudah ada beberapa marketplace yang cukup besar dan terkenal. Mereka menyediakan berbagai fasilitas seperti gratis ongkir, potongan harga, dan lain sebagainya agar pengunjung senang berbelanja dan terus menggunakan jasa mereka.

9. Digital Media

Seperti halnya koran atau majalah di dunia nyata, digital media memiliki pengertian  yang serupa. Bisnis digital media makin merebak sekarang ini dengan semakin menjamurnya smartphone. Masyarakat tidak lagi membaca buku, koran, majalah ataupun komik. Sekarang ini, semua media hiburan sudah tersedia dalam bentuk digital. Semua berita, konten, informasi, gosip, dan pengumuman sudah bisa diakses . dengan sangat mudah dan cepat berkat adanya digital media ini.

Pergeseran perilaku dari tata cara offline ke online ternyata memberikan dampak yang luar biasa. Oleh sebab itu kita tidak tahu siapa yang mendahuluinya, pergeseran perilaku atau munculnya bisnis digital.

Namun satu hal yang pasti bahwa selama bisnis ini berkembang dengan baik, proses transaksi jual beli dilakukan dengan jelas dan transparan, maka bisnis digital akan dapat bertahan dengan lama.

Gravatar Image
Dunia Im adalah Tempat berbagi dan pusat informasi seputar internet marketing, panduan dan tool yang bisa anda dapatkan dalam membangun sebuah bisnis online.

Leave a Reply