tantangan-video-marketing

Tantangan Video Marketing Dalam Membuat Video Menarik

Posted on

Dunia Internet Marketing : Pada artikel sebelumnya sudah dibahas rahasia sukses video marketing, jika belum silhkan dibaca terlebih dahulu. Dalam membuat sebuah video tidaklah mudah apalagi untuk kebutuhan marketing bisnis anda. Dan kali ini saya akan bahas tantangan video marketing bagaimana kamu bisa membuat video menarik dan jadi pemikat penjualan.

Dewasa ini, penggunaan video marketing sebagai sarana untuk mengiklankan suatu produk marak dipergunakan. Sering kali video marketing muncul di tengah-tengah tontonan yang sedang Anda nikmati. Namun, tidak banyak dari pemilik bisnis yang mampu membuat sebuah video yang menarik perhatian para penontonnya, bahkan beberapa video yang muncul akan dilewati karena dirasa kurang mengundang rasa ingin tahu. Sejatinya, tidak mudah membuat sebuah video yang “menjual” jika kualitasnya hanya rata-rata. Inilah salah satu tantangan video marketing.

Tantangan Video Marketing Yang Paling Sering Muncul Dan Solusinya

Tangan-tangan kreatif selalu akan mampu membuat sebuah karya yang tidak terduga. Begitu juga dengan sebuah video marketing. Jika Anda memahami konsep dasarnya, video marketing secara sederhana dapat dikatakan sebuah iklan. Namun iklan ini berbeda dengan iklan yang berada di televisi yang mau tidak mau harus terus ditonton karena memang diputar. Di sini, Penonton memegang hak sepenuhnya terhadap kemungkinan ditonton atau tidaknya video marketing Anda. Tingkat kesulitan dalam menayangkan video marketing lebih rumit dibandingkan iklan televisi biasa. Itulah tantangannya.

Video-Marketing

Berikut ini beberapa tantangan ketika Anda membuat sebuah video marketing dan solusi yang bisa dimanfaatkan.

  1. Biaya Pembuatan Besar

Tidak dipungkiri bahwa pembuatan sebuah video marketing membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika Anda hanya mengandalkan budget seadanya, hampir bisa dipastikan bahwa video Anda juga akan berkualitas pas-pasan. Oleh sebab itu, carilah bentuk-bentuk video yang sekiranya membutuhkan sedikit biaya namun bisa tetap menjadi sebuah video marketing yang memuaskan.

 

Sebuah video marketing umumnya akan ditayangkan secara gratis di internet namun untuk proses pembuatannya tentu saja Anda membutuhkan biaya. Rumusnya, jika Anda mengurangi biaya pembuatan video, tentunya ada faktor lain yang harus ditambah, seperti menggunakan software yang mumpuni atau tenaga editing yang cakap. Temukan orang-orang berbakat yang bisa mengakomodasi keinginan Anda menjadi sebuah bentuk video marketing yang berkesan namun low budget.

 

Anda juga bisa menggunakan cara lain yaitu memilih bentuk video yang tidak membutuhkan banyak biaya dalam proses penciptaannya. Tidak dipungkiri bahwa pembuatan sebuah video membutuhkan properti, artis, perlengkapan dan juga setting lokasi. Namun, beberapa bentuk video berikut ini sebagian besar tidak membutuhkannya. Salah satu bentuknya adalah video dokumentasi, video eksperimen pada masyarakat dan juga sebuah video review atau testimoni dari pelanggan.

 

  1. Video Marketing Cepat Outdate

Video merupakan salah satu media promosi yang pergerakannya cukup cepat. Pernahkah Anda melihat sebuah iklan di televisi yang ditayangkan selama bertahun-tahun? Tentu saja jarang sekali. Kebanyakan pengusaha akan selalu memperbarui iklan agar penonton mereka tidak jemu. Begitu pula dengan sebuah video marketing.

 

Ada juga beberapa video marketing yang dibuat dengan mengikuti tema yang sedang tren seperti hari kemerdekaan, hari valentine atau tema tahun baru. Video-video yang seperti ini memang akan booming pada awalnya dan dipercaya bisa menarik penonton lebih banyak dalam waktu singkat. Namun, video marketing bertema seperti ini tidak memiliki umur yang panjang. Setelah harinya lewat, orang-orang tidak akan lagi membicarakannya. Jika Anda ingin menggunakannya pada tahun mendatang, video itu mungkin sudah tampak tua dan tidak cocok lagi.

 

Salah satu solusinya adalah dengan membuat video yang berdurasi cukup pendek namun tetap mengena. Bisa saja Anda mengikuti tema yang sedang populer saat itu, namun jangan dijadikan konsep keseluruhan dari video marketing Anda. Cukup jadikan temanya sebagai bagian atau cuplikan saja. Jika Anda ingin tetap mengikuti tren, berarti Anda harus siap dengan video marketing yang lainnya jika video tema sudah tidak relevan lagi.

 

  1. Video Marketing Anda Tidak Ditemukan

Jutaan konten video marketing tersebar di internet dengan bebas dan tidak terbatas. Bahkan diantaranya ada beberapa konten yang serupa baik judul, isi maupun tema. Tantangan selanjutnya adalah membuat video Anda mudah ditemukan. Anda harus memastikan bahwa video marketing yang Anda ciptakan setidaknya muncul di halaman pencarian jika ada seorang penonton mengetik kata kuncinya.

 

Bagaimana cara membuat agar video marketing Anda menjadi fokus utama pencarian atau berada di halaman utama kata kunci? Anda harus mengoptimalkan video dengan mengedit kata kunci yang relevan dalam judul yang unik. Buatlah penggambaran sejelas mungkin agar video ini menjadi lebih terlihat.

 

  1. Video Tidak Menarik

Apa yang dikehendaki oleh penonton ketika menonton sebuah video marketing? Kebanyakan, video yang sengaja ditonton memang merupakan video yang menarik sehingga penonton tidak ingin melewatinya atau beranjak ke video lainnya. Menyaksikan sebuah video marketing adalah murni niatan dari penontonnya. Jika dirasa video tersebut cukup unik, bukan tidak mungkin beberapa kali lewat pun akan tetap ditonton.

 

Namun bagaimana jika video marketing Anda tidak menarik bahkan setelah Anda membuatnya dengan kerja keras? Ini adalah sebuah tantangan baru. Sebuah video marketing yang kurang diminati hanya akan menjadi video sia-sia. Anda harus bekerja lebih keras lagi untuk menciptakan video marketing yang membuat penasaran dalam sekali lirik. Lakukan lebih banyak eksperimen dan buat video lebih bervariasi lagi.

 

  1. Video Yang Tidak Menyampaikan Pesan

Setiap video pastinya memiliki konsep dan tujuan untuk apa dibuat. Tidak berbeda dengan video marketing yang bertujuan untuk menjual barang. Namun, Anda tidak perlu memaksakan banyak bahan jualan dalam sebuah video sehingga membuatnya terkesan memaksa. Banyak video marketing yang hanya berfokus pada berjualan saja sehingga menjemukan dan video ini tidak memiliki satu pesan apapun juga tidak meninggalkan kesan yang mendalam. Solusinya adalah dengan mengurangi porsi berjualan dan tambahkan konten umum lebih banyak.

 

Intinya, jika Anda mencoba untuk merambah dunia iklan digital terutama video, Anda harus siap dengan semua tantangan video digital yang mungkin bermunculan. Permasalahan diatas hanya beberapa dari sekian banyak lainnya yang mungkin ada. Oleh sebab itu, persiapkan mental dan kemampuan yang lebih mumpuni agar siap menghadapi pergerakan cepat dunia internet.

Gravatar Image
Dunia Im adalah Tempat berbagi dan pusat informasi seputar internet marketing, panduan dan tool yang bisa anda dapatkan dalam membangun sebuah bisnis online.

Leave a Reply