tips-belajar-internet-marketing

Tips Mudah Belajar Internet Marketing untuk Memasarkan Produk

Posted on

Di dunia maya, dikenal banyak orang berbanding lurus dengan nilai nominal yang akan kita terima melalui rekening bank kita. Hal tersebut tentunya banyak dirasakan para pebisnis online, baik yang memiliki bisnis toko online atau pemilik blog dan website yang sudah populer. Bagi para pemilik toko online, strategi pemasaran melalui internet merupakan cara paling efektif untuk menjangkau konsumen. Tips-tips belajar internet marketing berikut ini pun dapat Anda terapkan untuk menarik target pasar Anda secara efektif.

web internet marketing

  1. Buat Akun Khusus di Media Sosial

Membuat akun media sosial seperti Facebook dan Instagram merupakan salah satu langkah awal untuk memasarka produk Anda. Kedua jejaring sosial tersebut dapat dikatakan memiliki jumlah pengguna terbanyak di dunia. Melalui media sosial, Anda dapat mengunggah gambar-gambar produk terbaru Anda serta mengenalkan produk-produk tersebut kepada target pasar Anda secara langsung. Cobalah untuk memposting di media sosial setiap hari agar para konsumen yakin bahwa Anda serius menjalankan bisnis Anda tersebut.

  1. Meminta Bantuan Selebriti Media Sosial untuk Mempromosikan Produk Anda

Belakangan ini kita mungkin sudah sangat akrab dengan istilah endorse. Secara umum, istilah tersebut memiliki arti meminta bantuan atau dukungan seorang figur masyarakat untuk merekomendasikan produk Anda kepada khalayak. Figur masyarakat dalam hal ini biasanya para selebriti dan orang-orang yang populer di media sosial, yang mendapat julukan seleb medsos. Para selebriti di media sosial tersebut juga sering membuka jasa promosi berbaya (paid promote) bagi para pemilik toko online dan mengunggah produk yang ia promosikan tersebut ke dalam laman media sosialnya yang memiliki ratusan ribu bahkan jutaan pengikut. Cara tersebut dapat dibilang cukup efektif untuk meningkatkan jumlah pengikut baru di akun toko online Anda.

  1. Memasarkan Produk Melalui blog dan webiste populer

Selain selebriti media sosial, para pemilik blog dan website pun sering membuka jasa sponsored article yang dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk Anda. Penulis di blog dan website akan diminta untuk menulis sebuah artikel tentang gaya hidup atau isu-isu tertentu dan mengaitkannya dengan produk Anda. Coblah untuk mencari setidaknya tiga blog dan website yang memiliki niche dan target pasar sama dengan Anda dan hubungi pemilik untuk menjalin kerja sama. Berikan pula beberapa ide untuk penulisan artikel yang dapat meningkatkan meningkatkan jumlah trafik. Selain itu, Anda pun dapat meminta untuk diwawancarai terkait produk yang ingin Anda pasarkan. Jangan lupa pula untuk memberikan sampel gratis produk Anda yang dapat diberikan pada para pembaca melalui program giveaway atau kuis berhadiah.

  1. Membuat Video untuk Diunggah di Youtube

Di Youtube, banyak berseliweran berbagai video unik dan inspiratif yang sebenarnya hanyalah sebuah iklan. Nah, ide tersebut juga dapat menjadi inspirasi Anda untuk memasarkan produk Anda secara online. Meskipun cara ini terbilang cukup mahal sebab Anda harus menyewa para ahli di bidang penyuntingan video, namun strategi ini dinilai cukup efektif untuk menarik jumlah konsumen agar mencari tahu produk kita lebih jauh lagi. Video iklan yang sering menarik perhatian banyak orang biasanya memiliki tema yang lucu, inspiratif, dan memiliki pesan moral.

  1. PPC (Pay per Click)

Strategi yang satu banyak diterapkan oleh para pemiliki blog dan website yang ingin mendapatkan penghasilan dari situs yang meraka miliki. Keuntungan yang didapatkan berasal dari jumlah klik pengunjung situs yang tertarik pada iklan yang dipasang di laman website. Nah, pemilik website akan mendapatkan bayaran dari klik yang dilakukan pengunjungnya sesuai denga harga yang sudah ditetapkan per kliknya oleh si pemasang iklan. Jadi, semakin banyak klik yang didapat, maka akan semakin besar pula pendapatannya.

Perusahaan-perusahaan yang menawarkan PPC ini di antaranya adalah: Goodle AdSense, Infolinks, AdSenseCamp, Chitika, dan masih banyak lagi.

  1. PPS (Pay per Sale)

Program yang satu ini berbeda dengan PPC. Melalui PPS, pennghasilan yang akan kita dapatkan berasal dari pembelian produk link afiliasi kita. Oleh karena itu, besar kecilnya pendapatkan yang akan kita terima juga turut ditentukan dari banyaknya barang yang dijual dan besar presentase komisi yang ditetapkan oleh pemilik barang.

Nah, bagaimana? Ternyata cukup mudah bukan? Saking mudahnya, belajar internet marketing dapat dilakukan secara otodidak melalui tutorial dan artikel yang banyak tersebar di internet. Selamat berbisnis!

Gravatar Image
Dunia Im adalah Tempat berbagi dan pusat informasi seputar internet marketing, panduan dan tool yang bisa anda dapatkan dalam membangun sebuah bisnis online.

Leave a Reply