Tren Media Sosial Video Marketing Yang Kian Meningkat

Posted on

Dunia Internet Marketing : Pada kesempatan ini ijinkan DuniaIm membahas perkembangan sosial media yang mana saat ini sering dijadikan tempat penargetan bagi pebisnis untuk menarik audiens sebanyak-banyaknya. Dengan menggunakan sarana media sosial video marketing menjadi senjata ampuh bagi para marketer.

Penggunaan video marketing dipercaya masih akan terus meningkat belakangan ini. Survei membuktikan bahwa hampir 80% pengusaha menggunakan video marketing untuk mengoptimalkan bisnisnya. Beberapa waktu belakangan ini, nampaknya sosial media juga mulai dibanjiri oleh video marketing. Tidak sedikit dari mereka bahkan memfokuskan diri sebagai akun bisnis khusus untuk media promosi. Bagaimana kondisi seperti ini terjadi? Mengapa media sosial yang mulanya dipergunakan sebagai wadah untuk berhubungan antar manusia menjadi sebuah media yang dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis? Yuk simak ulasan berikut.

Alasan Video Marketing Merambah Dunia Sosial Media

Pernahkah Anda merasa sedikit jengkel atau kesal ketika melihat sebuah video yang awalnya unik dan menarik namun berakhir menjadi sebuah promosi produk? Pernahkah juga Anda merasa terbantu oleh video promosi yang tiba-tiba muncul dan memberikan solusi permasalahan Anda? Inilah salah satu dari fungsi video marketing di media sosial. Ya, perasaan jengkel, marah, kesal, senang, tertarik ataupun puas merupakan tujuan yang hendak dicapai sebuah video marketing.

Semakin merebaknya video marketing yang beredar di berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, twitter dan path merupakan hasil eksplorasi perusahaan dalam memasarkan produknya. Berikut ini beberapa alasan mengapa video tersebut menyasar pada media sosial. Diantaranya adalah :

  1. Jutaan Pengguna

Menurut survei yang dilakukan oleh Wearesosial pada awal tahun 2019, jumlah pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta jiwa atau lebih dari 50% dari total populasi penduduk Indonesia. Jumlah pengguna media sosial ini semakin meningkat dari tahun ke tahun seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan media sosial yang cukup populer digunakan di Indonesia adalah Facebook, Google+. twitter, instagram dan pinterest. Semua media sosial ini memiliki pengguna aktif yang cukup sering berlalu-lalang di dalamnya.

trenmediasosial

Dengan angka yang demikian besar, memang tidak salah jika suatu perusahaan atau pemilik bisnis melihatnya sebagai suatu peluang atau kesempatan. Perkembangan teknologi dan pesatnya penggunaan media sosial ini menjadi senjata ampuh yang kini diandalkan oleh pebisnis. Tidak sedikit perusahaan yang mencatat pembukuan luar biasa setelah meluncurkan sebuah video bisnis. Tidak sedikit pula, bisnis start-up yang berkembang kian pesat karena video marketingnya mampu menjual produk  dengan laris.

 

Pengguna aktif media sosial dapat diibaratkan sebagai sebuah area persawahan dimana pebisnis akan bercocok tanam. Berbagai cara dan metode dipergunakan dalam mengolah sawah agar bisa memberikan hasil yang memuaskan. Salah satunya adalah dengan menggencarkan video marketingnya. Video marketing umumnya berdurasi pendek namun mengandung banyak makna. Dalam durasi yang sedemikian singkat, video  harus mampu ditangkap dan tersalurkan sesuai dengan kehendak pengusaha atau pebisnis.

Baca juga : Digital marketing metode ideal untuk pasar millenial

  1. Tingkat Pemakaian Yang Tinggi

Selain jumlah pengguna yang banyak, pemakaian terhadap sosial media juga cukup tinggi. Hampir tidak ada hari yang dilewatkan oleh generasi masa kini tanpa membuka akun media sosialnya. Bahkan, dalam keadaan yang cukup sibuk dan repot pun, beberapa pengguna media sosial masih sempat mengunggah foto, membagikan video ataupun sekedar melihat-lihat.

 

Pengguna media sosial di jaman sekarang ini, sudah tidak memusingkan lagi mengenai kuota internet yang mereka pergunakan. Hal ini disebabkan oleh harga paket data internet yang semakin lama semakin terjangkau dan juga banyaknya area free Wi-Fi yang tersedia di berbagai tempat. Hal ini juga menjadi alasan mengapa media sosial menjadi sering diakses.

 

Tingginya intensitas pemakaian media sosial ini pun, menjadi alasan mengapa video marketing kemudian merambah dan membanjiri berbagai media-media sosial. Di sini, sebuah video marketing memiliki kemungkinan lebih besar untuk terlihat dan ditonton oleh pengguna media sosial dibandingkan dalam channel YouTube. Semakin sering video marketing disukai dan dibagikan, semakin besar pula kesempatannya untuk dilihat dan ditonton oleh pengguna lain.

 

Sebuah video marketing yang muncul dan dibagikan oleh salah seorang teman, memiliki kemungkinan yang cukup besar untuk ditonton. Mungkin membutuhkan waktu sekitar 10 detik yang menentukan apakah seseorang akan tertarik dan melanjutkan menonton. Namun setidaknya, video marketing Anda sudah mendapatkan sedikit perhatiannya.

  1. Banyak Terbukti Mampu Memberikan Efek dan Kesan Mendalam

Beberapa saat yang lalu, pernah ada sebuah video marketing yang memasarkan sebuah produk minuman. Video ini awalnya diunggah melalui akun YouTube. Entah apa alasannya, video ini kurang populer. Hingga suatu saat, seseorang yang tertarik dan membagikannya melalui Instagram dan Facebook. Berawal dari sinilah, video marketing tersebut kemudian menjadi populer sehingga produk yang dijual mengalami peningkatan penjualan yang signifikan.

 

Sebuah video marketing yang sarat makna namun tetap menghibur, memiliki kemungkinan untuk menjadi viral lebih besar dari pada video yang kuno dan terlalu bertele-tele. Meskipun tidak dalam durasi yang cukup panjang, setidaknya Anda harus membuat sebuah video marketing yang mampu mengambil tempat di hati para penonton. Sebuah video yang eye-catching dan berkesan akan mengantarkan Anda pada kesuksesan.

 

  1. Gratis

Tidak seperti beriklan di televisi atau sebuah situs web yang harus berbayar, beriklan di media sosial tidak membutuhkan biaya. Anda bisa mengunggah dan membagikan video marketing sebanyak dan sesering mungkin tanpa membayar biaya apapun. Hal inilah yang paling disukai oleh pengusaha atau pebisnis. Tentu saja, membuat sebuah video memang memerlukan biaya, namun jika video tersebut tidak bisa dipublikasikan karena keterbatasan dana, sungguh sayang bukan?

Itulah salah satu sebab pebisnis ini melirik dunia media sosial. Sungguh sebuah perpaduan yang sangat sempurna. Pengguna yang melimpah, waktu mengakses yang tidak terbatas serta tidak ada biaya yang dikeluarkan adalah alasan sederhana mengapa jumlah video marketing meningkat drastis di media sosial. Media sosial video marketing menjadi sebuah bentuk terobosan baru dalam dunia bisnis digital.

Gravatar Image
Dunia Im adalah Tempat berbagi dan pusat informasi seputar internet marketing, panduan dan tool yang bisa anda dapatkan dalam membangun sebuah bisnis online.

Leave a Reply